Kamis, 03 Juni 2010

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dapat berasal dari dalam dirinya sendiri (faktor internal) dan dari luar dirinya (faktor eksternal).
Faktor Internal, yaitu:
a. Kemampuan intelektual
Dari beberapa penelitian, ditemukan adanya korelasi positif dan cukup kuat antara taraf intelegensi positif an cukup kuat antara taraf intelegensi dengan prestasi seseorang, yaitu berkisar 0,70.
b. Minat
Pada umumnya seseorang akan merasa senang untuk melakukan sesuatu sesuai dengan minatnya.
c. Bakat
Bakat merupakan kapasitas untuk belajar dan karena itu baru terwujud kalau sudah mendapat latihan.
d. Sikap
Seseorang akan menerima atau menolak sesuatu berdasarkan penilaiannya pada objek yang dinilainya berguna atau tidak.
e. Motivasi berprestasi
Semakin tinggi motivasi berprestasi seseorang, maka akan semakin baik prestasi yang akan diraihnya.
f. Konsep diri
Konsep diri menunjukkan bagaimana seseorang memandang dirinya serta kemampuan yang ia miliki. Siswa yang memiliki konsep diri yang positif akan lebih berhasil di sekolah.
g. Sistem nilai
Sistem nilai merupakan keyakinan yang dimiliki seseorang tentang cara bertingkah laku dan kondisi akhir dari yang diinginkannya. Sistem nilai yang dianut dapat mempengaruhi dan menentukan motivasi, gaya hidup dan tindakan seseorang.



Faktor Eksternal, yaitu:
a. Lingkungan sekolah
Hal-hal yang mempengaruhi prestasi siswa di sekolah adalah keadaan fisik sekolah, fisik ruangan, kelengkapan alat pelajaran, disiplin sekolah, metode belajar mengajar serta hubungan antara siswa dengan guru. Beberapa penelitian membuktikan bahwa ada hubungan yang positif antara sikap guru dan pelajaran dengan prestasi belajar siswa.
b. Lingkungan keluarga
Hal-hal yang mempengaruhi prestasi siswa dari keluarga adalah hubungan siswa dengan anggota keluarganya, ukuran besarnya keluarga, bentuk keluarga, pendidikan orangtua, keadaan ekonomi keluarga.
c. Lingkungan masyarakat
Hal ini berupa kegiatan-kegiatan yang diikuti oleh siswa seperti klub olah raga, karang taruna dan sebagainya.

DAFTAR PUSTAKA

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cetakan ke-10. Jakarta : Balai Pustaka.

Djamarah, S. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha
Nasional.

Hawari, R.(2001). Psikologi perkembangan anak (mengenal sifat, bakat dan kemampuan anak). Jakarta: Pt.Gramedia Widiasarana.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar